Kode Etik Penerjemah Tersumpah

Kode Etik Penerjemah Tersumpah

Kode Etik Penerjemah Tersumpah yang ditetapkan di bawah ini dimaksudkan untuk mengatur perilaku professional anggota Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah dan Interpreter yang tergabung Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah. Istilah "bekerja" berarti baik kegiatan dalam kapasitas professional sebagai ahli bahasa - ini termasuk terjemahan, menafsirkan, mengajar, sub-sertifikasi, suara-over, editing, proofreading, revisi, trans creating, menggunakan bahasa ketika melakukan bisnis, dan setiap kegiatan professional lain yang membutuhkan penerapan keterampilan bahasa atau produk dari kegiatan itu, seperti terjemahan.

penerjemah tersumpah

Penafsiran istilah akan ditentukan oleh konteksnya. "Kode Etik" berarti Kode Etik Perilaku Professional atau Kode Etik untuk saat ini berlaku. "Public Service Interpreter" berarti juru yang bekerja dalam konteks pelayanan publik, seperti profesi hukum, pelayanan kesehatan dan pelayanan pemerintah terkait setempat, yang meliputi perumahan, pendidikan, kesejahteraan, kesehatan lingkungan dan pelayanan sosial.  Kerangka Umum Anggota Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah dan Interpreter dipelihara oleh Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah; orang tersebut masih bisa menjadi anggota Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah, dan / atau dari Institut Penerjemahan dan Juru Bahasa dalam hal tugas, tanggung jawab dan perilaku sebagai anggota Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah dan / atau sebagai Interpreter.

Kode Etik menetapkan standar perilaku profesional yang harus ditaati dalam rangka untuk menjaga integritas profesi, dan memberikan jaminan standar profesional untuk pengguna layanan bahasa dan masyarakat luas. Dugaan Kode Etik akan dibahas melalui prosedur disiplin yang berlaku. Kode Etik akan didukung oleh sebuah Panduan untuk Praktek dan operasi pedoman Baik untuk daerah spesialis praktek yang dikeluarkan dari waktu ke waktu oleh Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah. Penerjemah Tersumpah, sebagai pengakuan atas tanggung jawab mereka kepada masyarakat, klien mereka, rekan-rekan mereka dan badan-badan profesional di mana mereka menjadi anggota atau pendaftar, akan selalu bertindak dengan integritas dan sesuai dengan standar tinggi yang sesuai untuk Penerjemah Tersumpah dalam profesi. Penerjemah Tersumpah harus berkelakuan baik melakukan sendiri dengan cara yang bertentangan dengan standar tinggi yang diharapkan dari orang yang profesional. Penerjemah Tersumpah yang dihukum karena melakukan tindak pidana dapat dianggap melanggar prinsip yang diatur dalam pasal 3.2.

Penerjemah Tersumpah memiliki kewajiban untuk melaporkan ke Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah, menurut keanggotaan Penerjemah Tersumpah dan / atau registrasi. Interpreter, keanggotaan apapun atau badan, harus melaporkan hal-hal di bawah judul ini untuk Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah. Badan yang relevan akan bertindak sesuai dengan prosedur disiplin yang berlaku untuk menentukan, dengan memperhatikan semua keadaan, tindakan apa (jika ada) harus diambil. Penerjemah Tersumpah dilarang lalai bertindak dengan cara yang mungkin merugikan profesi ahli bahasa, reputasi Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah atau anggotanya secara keseluruhan, klausul ini tidak akan menghalangi atau melarang praktek hukum hak atas kebebasan berekspresi. Kecuali dalam pemenuhan tugas profesional didefinisikan atau di mana ada kepentingan publik yang jelas, Penerjemah Tersumpah dilarang dengan sengaja bertindak dengan cara yang mungkin untuk merusak reputasi anggota dari Asosiasi Jasa Penerjemah Tersumpah. Pasal ini berlaku, namun, tidak menghalangi atau melarang praktek hukum hak atas kebebasan berekspresi. Penerjemah Tersumpah tidak akan menerima atau melaksanakan pekerjaan yang mereka percaya bisa membuat mereka bertanggung jawab untuk penuntutan perilaku kriminal, yang mungkin dikenakan tanggung jawab perdata atau yang bertentangan dengan Deklarasi Universal PBB tentang Hak Asasi Manusia. Penerjemah Tersumpah tidak akan menerima pekerjaan yang akan, secara langsung atau tidak langsung, melanggar Kode Etik, dan tidak akan sadar bertindak bertentangan dengan Kode Etik, bahkan jika diminta atau diperintahkan untuk melakukannya oleh Klien.

Leave a Reply

Hubungi Kami
Arah Jalan
%d bloggers like this: